Tips Liburan Hemat Ala Mahasiswa yang Bisa Kamu Coba

Liburan Hemat Ala MahasiswaMungkin hal pertama yang muncul di pikiran kamu saat hendak merencanakan liburan adalah masalah bujet. Yap, liburan memang tidak pernah jauh dari perihal pengeluaran. Namun sebetulnya hal itu tergantung dengan bagaimana kamu merencanakan aktivitas liburan kamu. Kamu juga bisa melakukan liburan yang seru sembari menekan bujet seperti yang dilakukan para mahasiswa.

Mahasiwa biasanya terbilang cukup rajin untuk berlibur. Namun, dengan isi dompet pas-pasan, mereka tetap bisa membuat rencana liburan tetap menyenangkan. Nah, buat kamu yang ingin merencanakan liburan tapi dengan bujet seminim mungkin, kamu bisa ikuti cara berlibur para mahasiswa. Bagaiamana caranya? Yuk, simak penuturannya di sini.

  1. Liburan saat low season

Usahakanlah untuk tidak berlibur di musim liburan umum atau high season seperti libur sekolah, libur Idul Fitri, libur tahun baru, dan sebagainya, sebab hal itu akan cenderung ramai serta harga – harga transportasi, makan, dan destinasi wisata juga akan naik. Pastinya hal ini akan sedikit mengganggu kamu dalam menikmati destinasi wisata, kan? Untuk itu sebaiknya kamu memilih tanggal liburan yang jauh dari waktu high season.

  1. Cari tiket murah

Salah satu pengeluaran terbesar saat merencanakan liburan adalah tiket perjalanan. Bagi kamu yang ingin berlibur ke luar kota atau mungkin ke luar negeri, memesan tiket jauh-jauh hari adalah hal yang wajib dilakukan agar liburan dapat berjalan sesuai jadwal yang direncanakan.

Carilah tiket yang relatif murah dan yang pastinya sesuai bujet yang telah kamu siapkan. Atau kamu bisa juga menggunakan promo-promo tiket yang biasanya bermunculan saat musim liburan. Namun bila kamu memesan via Traveloka, kamu bisa mendapatkan tiket murah pesawat kapanpun. Jadi kamu tidak perlu takut untuk merogoh kocek lebih dalam saat membeli tiket perjalanan.

  1. Manfaatkan kenalan

Tempat penginapan juga sangat penting bila kamu ingin berlibur ke tempat yang relatif jauh. Carilah juga tempat penginapan yang murah, aman, dan juga nyaman. Bila perlu manfaatkan relasi yang ada seperti keluarga, sahabat, atau siapa pun yang kamu kenal. Hal ini tentunya akan sangat membantu sobat mahasiswa untuk menekan pengeluaran.

Carilah relasi yang dekat dengan tempat tujuan liburan kamu, sehingga bujet yang seharsnya kamu gunakan untuk penginapan dan makan dapat diminimalisir. Bahkan, kamu juga dapat meminjam kendaraan keluarga atau teman di tempat kamu menginap untuk memperkecil biaya transportasi kamu berjalan-jalan. Apabila kamu tidak memiliki satu pun keluarga atau kenalan di kota yang kamu tuju, kamu juga bisa mencari penginapan murah di Traveloka. Selain murah, mencari penginapan di Traveloka juga sangat terpercaya dan aman.

  1. Menabung

Setelah kamu sudah memiliki tempat tujuan liburan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menabung. Caranya pun nggak sulit, kok. Mulailah untuk menyisihkan sebagian uang bulanan dan mengurangi pengeluaran kamu. Ingat, memanajemen keuangan kamu juga perlu dilakukan untuk mendapatkan liburan yang kamu inginkan. Banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menabung, kamu bisa menabung di celengan, mengikuti arisan, atau membuat tabungan bersama partner liburanmu.

  1. Pinjam peralatan traveling

Biasanya saat hendak berlibur, kamu pasti ingin membeli berbagai perlatan untuk menunjang aktivitas liburan kamu. Namun sebetulnya hal tersebut tidaklah penting, malah menambah pengeluaran. Daripada beli, kamu bisa meminjam peralatan traveling untuk menekan bujet. Kamu bisa pinjam ke teman dan saudara beberapa peralatan yang digunakan untuk berlibur seperti koper atau lainnya.

Itu dia beberapa tips liburan hemat ala mahasiswa yang bisa kamu coba. Bila bisa menekan bujet, tentu perjalanan kamu akan terasa lebih menyenangkan, bukan?