Tips Cerdas Membayar DP Motor Agar Tidak Rugi

Tips Cerdas Membayar DP Motor Agar Tidak RugiPada dasarnya motor sendiri tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan perangkat teknologi, mengingat setiap tahunnya selalu ada variasi baru yang dikeluarkan ke pasaran. Tentunya hal ini juga membuat masyarakat semakin konsumtif dalam membelinya. Banyak diantaranya yang memiliki kecenderungan untuk terus mengikuti trend motor baru, sehingga terkadang koleksi yang ada di rumah juga sangatlah banyak. Hanya saja ada juga beberapa kalangan yang masih keberatan masalah biaya atau harga dari kendaraan tersebut, mengingat produk baru selalu dijual dengan kisaran harga yang lebih mahal dibandingkan sebelumnya, sehingga memilih untuk membeli secara kredit. Cukup dengan membayar uang DP motor tersebut ditambah dengan pelunasan secara angsuran maka sudah bisa mendapatkannya.

Kemudahan dalam proses pembelian secara kredit inilah yang membuat banyak diantara masyarakat lebih tertarik untuk membeli menggunakan sistem cicilan. Karena memang pembayaran sisa tunggakan atau hutang nantinya juga jauh lebih ringan dibandingkan dengan membayar secara tunai atau lunas langsung. Namun patut juga untuk diketahui jangan sembarangan dalam pembayaran DP motor ini jika tidak ingin terlalu terbebani hutang, berikut ini diantara tips yang bisa Anda ikuti, yaitu:

  1. Lebih aman bayar DP dengan nilai yang tinggi, paling tidak adalah 50 persen atau bahkan lebih dari harga asli kendaraan tersebut. Mengapa lebih dianjurkan untuk membayar uang muka dalam jumlah yang besar? Karena dengan demikian sisa hutang yang dimiliki menjadi jauh lebih kecil, sehingga memungkinkan biaya suku bunga yang harus dikenakan kepada Anda nantinya juga makin kecil nilainya, tidak akan terlalu membebani pengeluaran.
  2. Hindari membayar DP dengan uang pinjaman, inilah kesalahan yang sering kali dilakukan oleh masyarakat, yaitu membayar uang muka kendaraan dari uang hasil pinjaman atau hutang. Bukannya meringankan hal ini justru semakin membebani hutang Anda, karena memang ada 2 tanggungan lain, dimana keduanya adalah hutang yang sifatnya adalah produktif, apalagi jika seandainya uang tersebut hasil dari pinjaman kepada lembaga keuangan atau bank.
  3. Jika membayar DP dengan jumlah seminimal mungkin atau nilai yang kecil, maka hendaknya pilihlah tenor yang panjang. Pemilihan tenor ini sangatlah penting, karena semakin panjang tenor yang dipilih maka nantinya nilai cicilan yang harus dibayarkan juga kian ringan atau kecil, jika dibandingkan ambil tenor yang pendek. Sehingga pembayaran hutang bisa kian ringan dan tidak harus terjebak denda dari pembayaran yang menunggak tersebut.

Itulah beberapa kian cerdas dalam membayar DP motor, dapatkan pilihan kredit motor terbaru dengan DP yang nilainya kecil, bahkan paling murah diantara leasing yang lainnya adalah dari Moladin. Kini beli kendaraan baru bisa dilakukan secara online, tak hanya tunai saja, melainkan juga kredit.