Pelayanan Penunjang RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo

Pelayanan Penunjang RSUD Prof. Dr. Margono SoekarjoRumah sakit RSUD Prof Dr. Margono Soekarjo merupakan rumah sakit terbesar di karesidenan Banyumas yang sekaligus merupakan rumah sakit pendidikan tipe A. Sebagai rumah sakit pendidikan dan rumah sakit rujukan, RSUD selalu meningkatkan taraf layanan kepada masyarakatnya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memiliki pelayanan penunjang yang lengkap dan modern untuk memberikan perawatan terbaik bagi pasien. Terletak di Jawa Tengah bagian barat rumah sakit saat ini telah memiliki beberapa pelayanan penunjang yang memudahkan masyarakat Banyumas untuk mendapatkan layanan kesehatan maksimal. Apa saja pelayanan penunjang yang dimilikinya? Ini dia listnya:

  • Instalasi Bedah Sentral.

RSUD sebagai rumah sakit pendidikan tentu memiliki fasilitas yang lebih lengkap guna memberikan pengajaran pada calon tenaga kesehatan khususnya dokter di berbagai pilihan spesialis. Salah satu layanan penunjang yang dimiliki adalah Instalasi Bedah Sentral atau IBS yang saat ini bahkan sudah siap untuk melakukan transplantasi ginjal. IBS di RSUD Banyumas ini dapat melayani pasien dengan beberapa kasus seperti:

  1. Bedah Urologi.
  2. Bedah Umum.
  3. THT
  4. Mata
  5. Bedah Sarat
  6. Bedah Onkologi.
  7. Bedah Ortopedi.
  8. Bedah Plastik.

Sedangkan fasilitas yang dimiliki di instalasi ini antara lain:

  1. Neuroendoscopy
  2. Laparascopy
  3. Cusa
  4. Broncoscopy
  5. Caspar
  6. Endo Urologi.
  7. C-Arm.
  • Endoscopy.

Merupakan prosedur yang memungkinkan tenaga ahli melihat secara langsung bagian dalam tubuh manusia khususnya saluran pencernaan melalui kamera kecil yang dimasukkan ke dalam tubuh melalui sayatan kecil. Melalui endoscopy, dokter dapat melihat kondisi saluran saluran cerna termasuk organ pankreas, empedu, dan lainnya. Dokter dapat melihat penyebab penyakit bahkan juga dapat menganalisa cara penyembuhan yang tepat. selain endoscopy, RSUD juga dapat melakukan colonoscopy untuk mengetahui masalah kesehatan pada usus besar. Prosedur endoscopy dapat dilakukan pada pasien dengan kondisi:

  1. Nyeri Epigastrium Kronis.
  2. Kecurigaan Obsruksi Outlet.
  3. Survey Endoscopi curiga keganasan.
  4. Nyeri dada tak khas.
  5. Perdarahan saluran cerna bagian atas (SCBA).
  6. Dispepsia
  7. Disfagia
  8. Odinofagia
  9. Hematemesis melena yang belum diketahui dengan jelas.
  10. Hematoskesia
  11. Penyakit inflamasi usus kronis hubungannya dengan survailen kanker kolorektal.
  12. Diare kronis.
  13. Nyeri perut yang belum jelas penyebabnya.
  14. Dsb
  • Hemodialisa

Merupakan pelayanan cuci darah bagi pasien gagal ginjal agar dapat meningkatkan taraf hidupnya. Saat ini RSMS memiliki 30 mesin hemodialisa dan mampu melayani pasien untuk cuci darah sebanyak 14.500 tindakan per tahunnya. Pelayanan Hemodialisa di rumah sakit ini meliputi:

  1. Hemodialysis kronik.
  2. Sequential Ultra Filtration Hemodialysis (SQUF HD).
  3. Sustained low Efficiency Dialysis (SLED).
  4. Paediatric Hemodialysis.
  5. Profiling Hemodialysis.
  6. Travelling Dialysis.
  • Radioterapi.

Merupakan prosedur medis untuk melawan penyakit khususnya keganasan dengan sinar pengion.

Selain layanan penunjang di atas RSUD Prof dr. Margono Soekarjo masih memiliki banyak pelayanan penunjang lainnya seperti laboratorium dan instalasi farmasi. RSMS terus berbenah untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat khususnya masyarakat jawa tengah bagian barat. Bagi Anda yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatan di sana, dapat mengetahui informasi lebih detail mengenai apa saja pelayanan yang diberikan, fasilitas klinik hingga informasi sejarah rumah sakit melalui website resmi RSMS. Kini RSMS juga sudah melayani pendaftaran online yang dapat dilakukan secara langsung di menu Pendaftaran Online pada website.