Menikmati Wisata Alam Bukit Lawang Yang Mempesona

Waktu libur atau weekend tentu menjadi waktu yang ditunggu tunggu setiap orang, apalagi bagi mereka yang selalu aktif bekerja setiap harinya. Dengan adanya hari libur atau weekend, tentunya akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk melepas penat dan stress yang dirasakan saat bekerja. Bagi anda yang ingin menghindari suasana hiruk-pikuk perkotaan sesaat, mengapa tidak cek harga tiket pesawat ke Medan untuk berkunjung ke tempat wisata alam bukit lawang di Bahorok, Sumatera Utara. Nah kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai wisata alam bukit lawang serta kegiatan kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di tempat tersebut.

Lokasi Wisata Alam Bukit Lawang

Lokasi wisata bukit lawang ini berada di Kec. Baharok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Sebenarnya lokasi wisata ini berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Leuser yang luas wilayahnya hingga mencapai Provinsi Aceh. Tempat ini merupakan konservasi alam dan penangkaran orang hutan Sumatera, hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Wisata Alam Bukit Lawang

Kenampakan Wisata Bukit Lawang

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bukit lawang merupakan tempat konservasi alam dan perlindungan bagi orang hutan Sumatera, sehingga tempat ini tentunya diliputi oleh hutan hujan tropis yang lebat dan masih sangat asri.

Area wisata bukit lawang dibelah oleh sebuah aliran sungai Baharok yang merupakan anak sungai Wampu. Di tempat ini anda juga bisa mengunjungi beberapa goa yang terbentuk alami dari proses alam. Di dalam kawasan bukit lawang, ada sebuah goa yang cukup populer yaitu Goa Kelelawar. Dinamakan goa kelelawar dikarenakan banyaknya kelelawar yang menghuni goa ini. Jaraknya pun sangat dekat, anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 15 menit dari pintu masuk wisata. Selain itu fenomena stalagmit yang cantik juga menghiasi pemandangan di dalam goa.

Banyak wisatawan wisatawan asing yang mengunjungi penangkaran orang hutan disini. Selain itu beberapa di antaranya juga senang melakukan aktivitas rafting dengan melalui derasnya sungai Baharok.

Bukit Lawang, Tempat Wisata Terindah

Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat penangkaran orangutan, anda bisa berjalan kaki kurang lebih 20 menit lalu menyeberangi sungai dengan perahu kecil. Tempat penangkaran orang hutan ini dibuka dalam dua sesi yaitu pukul 09.00-10.00 serta pukul 15.00-16.00. Dulunya penangkaran orang hutan ini hanya dikunjungi peneliti ataupun koservasionis. Namun seiring dengan perkembangan waktu, tempat ini menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Tak hanya bisa melihat satwa yang ada di dalamnya, anda juga bisa memberikan makan pada orang utan yang tinggal di tempat tersebut. Menarik bukan?

Akses Menuju Bukit Lawang

Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini, anda bisa menggunakan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Dari bandara Kualanamu atau hotel, anda bisa menaiki taksi dan menuju terminal Pinang Baris. Anda bisa memilih menaiki bus dengan biaya sekitar 50 ribu untuk menuju Bukit Lawang.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda hanya perlu menempuh sekitar 2,5 jam perjalanan dari pusat Kota Medan. Dari kota Binjai, anda menuju persimpangan di Jalan Gatot Subroto menuju Jl. Binjai-Kuala. Setelah itu anda akan melalui jembatan besi sebanyak 7 buah hingga akhirnya sampai ke Bukit Lawang. Ada beberapa titik jalan yang sedikit rusak dan bergelombang, sehingga anda perlu berhati hati.

Menarik bukan? Tunggu apalagi booking tiket pesawat tujuan Medan sekarang juga untuk berkunjung ke Bukit Lawang sebagai destinasi liburanmu berikutnya. Tak hanya dapat menikmati keindahan alamnya saja. Namun anda juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas menarik dan seru yang dapat memuaskan liburan anda. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk anda.