Kiat Membeli Gaming Laptop yang Terbaik dan Sesuai Budget

Kiat Membeli Gaming Laptop yang Terbaik dan Sesuai BudgetLaptop menjadi salah satu perangkat yang penting dipakai buat kebutuhan apa pun. Entah buat mengerjakan pekerjaan kantor, tugas sekolah, tugas kuliah, atau sekedar menonton film mau pun bermain game. Buat kamu yang suka bermain game atau rutinitasnya sebagai gamer sejati, tentu memilih gaming laptop adalah pilihan yang terbaik.

Laptop yang khusus didesain buat bermain game itu memang sering menjadi pilihan anak-anak muda zaman sekarang. Spesifikasinya yang lebih canggih, membuatnya bisa dijadikan laptop multifungsi yang lebih efisien. Tentu saja karena spesifikasinya yang khusus itu, harga yang dibanderol tidaklah murah, bahkan lebih mahal daripada notebook atau ultrabook pada umumnya.

Agar bisa disesuaikan dengan budget yang kamu punya buat membeli laptop khusus gaming, simak dulu beberapa kiatnya di bawah ini.

Perhatikan Prosesornya

Prosesor bisa juga dianggap otak pada komponen laptop. Semakin bagus prosesor yang disematkannya tentu akan semakin meningkat performa yang dikeluarkannya. Saat ini kebanyakan laptop gaming sudah punya prosesor yang kemampuannya yang tinggi, apalagi didukung dengan kecepatan prosesornya yang tinggi.

Maka itulah, kamu bandingkan dulu masing-masing spesifikasi prosesornya agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan bermain game kamu. Pastikan kamu juga pilih prosesor yang punya kemampuan menahan panas dan hemat daya, karena pastinya saat bermain game, laptop akan bekerja lebih ekstra sehingga akan gampang cepat panas dan baterainya lebih terkonsumsi lebih banyak.

Pilih VGA yang Tepat

Selain prosesor, pemilihan gaming laptop juga harus mempertimbangkan VGA atau Video Graphic Adapter. Tanpa adanya VGA, pengalaman bermain game kamu akan terasa kurang karena kualitas gambarnya pasti akan biasa-biasa saja. Karena itu, pilih VGA yang tepat.

Kamu pasti sudah tahu kalau tampilan gambar game-game saat ini lebih keren dan jernih kualitasnya sehingga kamu juga harus mendukung tampilannya yang keren itu dengan pemilihan VGA yang tepat. Pilih VGA yang punya kemampuan pembacaan grafisnya yang bagus. Semakin tinggi seri VGA-nya, tentu akan semakin bagus kemampuan membaca grafisnya. Jadinya, kualitas gambar game yang kamu terima akan semakin nyaman kamu nikmati.

Pilih Kapasitas RAM dan Penyimpanan yang Besar

Kapasitas RAM buat sekedar mengetik atau mengerjakan tugas sekolah mau pun kuliah tentu berbeda buat bermain game. Kalau kamu hanya memakai aplikasi yang ringan-ringan, kapasitas RAM yang dibutuhkan sudah cukup 4 GB saja. Tapi kamu yang menggunakan laptop buat bermain game, kapasitas RAM harus lebih dari 4 GB, bahkan melebihi 8 GB.

Kebanyakan gaming laptop sekarang ini sudah dilengkapi langsung dengan kapasitas yang besar, mulai dari 8 GB. Tapi kalau masih dirasa kurang cepat kemampuan RAM-nya, maka kamu perlu menambahkannya dengan RAM tambahan yang dijual di pasaran. Kebanyakan laptop sudah dilengkapi dengan slot RAM tambahan, sehingga kamu bisa tambahkan sendiri berapa besaran kapasitas RAM yang mau dimasukkan.

Selain dari RAM, kamu juga harus memperhatikan kapasitas penyimpanannya. Laptop punya 2 jenis media penyimpanan yakni HDD dan SSD. Kalau laptop buat gaming, lebih baik kamu pilih HDD dengan kapasitas 1 TB. Besaran memori aplikasi game jauh lebih besar dibandingkan aplikasi ringan lainnya. Hindari memakai SSD karena kapasitas yang disediakan jauh lebih kecil.

Pilih Baterai yang Tahan Lama

Daya tahan baterai menjadi kendala para gamer buat bermain game di laptop. Saat bermain game, kamu butuh daya kapasitas baterai yang besar mengingat aplikasi game cepat menguras baterai. Karena itu, usahakan kamu pilih laptop yang punya kapasitas daya baterai yang besar agar bisa awet dipakai buat bermain game.

Memilih gaming laptop sebenarnya gampang-gampang susah. Ada banyak pilihan tapi cukup susah mencarinya yang tepat. Tapi dengan mengikuti tips di atas, pastinya kamu akan lebih gampang mencarinya. Jangan lupa sesuaikan dengan budget kamu agar finansialmu tidak berantakan ya.