Keuntungan yang Saya Dapat Saat Pinjam Dana di Kredivo Buat Mudik

Keuntungan yang Saya Dapat Saat Pinjam Dana di Kredivo Buat MudikKarena banyaknya kebutuhan pas puasa kemarin plus invoice kerjaan yang baru bisa cair setelah Lebaran, saya jadi perlu pinjam dana buat tambah-tambah biaya mudik ke kampung halaman. Emang nggak banyak sih pinjamnya, tapi kalo momennya puasa dan mau Lebaran, pinjam ke teman pun rasanya jadi nggak enak karena pasti kebutuhannya sama-sama banyak. Ya kan?

Akhirnya saya beraniin diri cari alternatif pinjaman dana lain yang bisa cair cepat: aplikasi pinjaman online. Karena kalo gestun kartu kredit, bunganya gede banget: bisa sampe 7%. Nah, dari sekian banyak pilihan, saya ketemu sama Kredivo. Selain cek di situs OJK, saya juga ngeliatin komen & ulasan orang di Google Play Store yang udah pernah pake Kredivo ini. Cukup meyakinkan, ditambah, suku bunganya tercantum jelas di situs dan aplikasinya: cuma 2,95% per bulan buat pinjaman tunai.

Apa saya berhasil pinjam dana di Kredivo? Tentu dong, makanya saya bisa nulis artikel ini buat sharing pengalaman ke temen-temen semua yang masih khawatir pake pinjaman online. Well, kalo aplikasinya tepat, meminjam di fintech bisa kasih keuntungan yang banyak kok. Ini contohnya.

Limitnya besar, bunganya kecil

Kredivo menjanjikan limit maksimal sebesar Rp 30 juta bagi pengguna yang terdaftar jadi akun Premium. Tapi, jelas nggak semua orang bisa dapet limit Rp 30 juta. Semua pasti tergantung lagi sama seberapa besar penghasilan kita per bulan. Saya contohnya, meskipun nggak dapet Rp 30 juta, tapi limit saya udah masuk 2 digit dan lumayan banget kok. Selain itu, pendaftaran akun saya diapprovednya juga lumayan cepet, kurang dari 1 hari.

Untuk akun Premium sendiri sebenernya dapet fasilitas kredit yang lumayan: limitnya bisa buat cicilan di e-commerce atau merchant yang udah jadi partner Kredivo dan bisa dicairiin jadi pinjaman tunai buat kita yang tertarik pinjam dana. Karena saya butuhnya uang tunai buat tambahan mudik, jadi saya langsung cek cara pencairan limit jadi pinjaman tunai di Kredivo.

Ternyata, caranya gampang banget. Tinggal masuk aja ke aplikasi Kredivo, di bagian dasbor ada pilihan fitur pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Bedanya, kalo yang mini tenor pengembaliannya maksimal cuma sampe 30 hari dengan minimal pinjaman 500 ribu, sedangkan yang jumbo, tenornya bisa 3 atau 6 bulan, dan minimal pengajuan pinjamannya mulai dari Rp 1 juta.

Saya pilih yang jumbo karena butuh pinjaman sekitar Rp 2 jutaan dan pilih tenornya yang 3 bulan aja, nggak mau lama-lama. Suku bunganya 2,95% per bulan. Nah, angsuran per bulannya ada di kisaran 720 ribuan. Ada biaya administrasi juga sebesar 6% yang bakal dipotong dari pinjaman. Nah, salah satu alasan kenapa saya yakin pilih Kredivo karena suku bunganya paling masuk akal dan rendah dibanding aplikasi sejenis yang bisa sampe 1% per hari. Per hari lho ya.

Bisa pinjam di waktu mepet, cair sehari

Nggak berharap banyak kalo cairnya bakal cepet. Tapi ternyata apply pinjaman online di Kredivo cairnya emang beneran cepet. Saya apply sekitar seminggu sebelum Lebaran. Sehari setelah apply, besok siangnya, pinjaman langsung cair ke rekening. Applynya juga gampang, yang penting kita udah terdaftar jadi akun premium dan limit kreditnya cukup. Fungsinya kurang lebih sama kayak kartu kredit, bisa digunain di saat-saat mepet dan pas lagi punya kebutuhan mendesak. Sayangnya, bunga gestun kartu kredit jauh lebih tinggi, makanya saya prefer cari alternatif yang lain. Dan untungnya, ketemu sama Kredivo.

Sisa limit masih bisa digunakan untuk kredit yang lain

Karena saya dapat limit dua digit dan baru dipake 2 juta buat pinjam dana tunai, jadi limit yang saya bisa gunain masih banyak. Oh iya, jadi sistemnya Kredivo ini ya sama kayak kartu kredit ya kalo limitnya udah dipake maka bakal ke-locked sejumlah yang kita pake, terus nanti limitnya bakal balik kalo cicilannya udah lunas.

Tapi, karena saya masih punya cicilan berjalan, saya nggak pake limit Kredivo yang kesisa buat aji mumpung ambil cicilan yang lain. Meskipun emang ngegoda banget. Gimana nggak, mitra Kredivo kurang lebih ada 250-an merchant, yang e-commerce ada Shopee, Lazada, Bukalapak, Bhinneka, dsb. Nyicil barangnya juga nggak perlu dp.

Akhirnya, saya coba pake Kredivo buat transaksi yang lain yang ada di aplikasi terutama buat beli pulsa, paket data, dan token PLN. Karena praktis, pembayarannya bisa motong langsung dari limit yang kita punya. Metode bayarnya dalam 30 hari, jadi transaksi sekarang, bayarnya belakangan, nggak pake bunga. Bisa juga sih dipake buat beli tiket pesawat sampe bayar tagihan rutin bulanan kayak BPJS atau PDAM.

Aman, rapi, dan perjanjian pinjamannya jelas

Buat yang udah pernah coba Kredivo, pasti tau gimana clean dan rapinya aplikasi ini, terutama dari segi tampilan dan catatan transaksi. Jadi, semua transaksi yang kita lakuin pake Kredivo bakal ada historinya sendiri yang bisa kita cek kapan pun di aplikasinya. Semua serba transparan & nggak bakal ada tipu-tipu. Apa yang kita setujui di awal, ya itu yang dibayar. Jadi nggak khawatir bakal ada biaya tersembunyi atau bunga tiba-tiba berubah naik di tengah tenor angsuran.

Nggak cuma mudik kemarin yang jadi aman & lancar karena Kredivo, sampe sekarang pun saya masih pake aplikasi ini buat transaksi ini itu karena praktis. 🙂