Ini Dia Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Mengajukan Kredit Mobil

Ini Dia Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Akan Mengajukan Kredit MobilJika merasa tertarik ingin membeli sebuah mobil yang selama ini diidam idamkan, maka pada saat adanya penawaran diskon atau potongan harga pastinya akan sangat menggiurkan. Maklum saja harga  mobil sekarang ini masih mahal dan adanya potongan harga atau diskon merupakan sebuah pemanis yang terkadang akan susah untuk diabaikan. Dan bahkan adanya beberapa mobil yang ditawarkan dengan uang muka yang sangat murah yaitu dibawah Rp. 10 juta. Ini berarti dengan hanya menyerahkan uang Rp. 10 juta saja maka mobil idaman akan dapat segera dibawa langsung pulang ke rumah. Tetapi tawaran promo mobil murah itu sebaiknya jangan langsung dilahap, pasalnya mobil termasuk kedalam sebuah barang dengan harga yang lumayan mahal.

Lalu apa saja hal hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengajukan kredit mobil? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengajukan kredit mobil diantaranya yaitu :

  1. Kemampuan Finansial

Mobil itu merupakan barang konsumtif dengan harga yang cukup mahal. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk melakukan kredit maka sebaiknya perhitungkan dulu kemapuan finansial yang dimiliki. Dengan membeli mobil secara kredit ini pasti harganya akan lebih mahal jika dibandingkan dengan membeli mobil secara tunai. Pastikan dana yang dimiliki akan mencukupi untuk uang muka kredit mobil.

  1. Dengan Mencari Tipe Mobil Sesuai Kebutuhan

Jika sudah pasti keuangan sudah mencukupi untuk melakukan kredit mobil, maka langkah selanjutnya adalah menentukan jenis mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh jika mobil itu nantinya akan sering digunakan bersama keluarga maka jenis mobil yang cocok diambil adalah jenis MPV atau multipurpose vechicle yang akan bisa memuat banyak orang.

  1. Dengan Mempertimbangkan Harga Jual Mobil

Ketika keluar dari showroom maka mobil biasanya akan turun 10 hingga 15 %. Kebanyakan orang itu akan mengganti mobil yang dimilikinya setiap 5 tahun sekali sehingga agar masih bisa dijual dengan harga yang bersaing. Hal ini dikarenakan mobil semakin tua maka biaya perawatannya itu akan semakin mahal. Karena inilah harga jual mobil dipasar sekunder sangat penting untuk diperhatikan.

  1. Dengan Memperhatikan Detail Skema Kredit Mobil

Sebaiknya perhatikan secara cermat tawaran skema kerdit yang diberikan oleh sebuah leasing atau Bank. Beberapa hal yang perlu diperhatikan didalam skema kredit mobil ini seperti berapa besar kebutuhan uang muka yang harus disiapkan, berapa besar tingkat bunga yang akan dikenakan, berapa setiap bulan beban cicilannya, berapa biaya pelunasan lebih awalnya, berapa biaya penalti keterlambatan cicilan, hingga asuransi yang disediakan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengajukan kredit mobil. Didalam mengajukan kredit ini maka sebaiknya tidak terlalu lama, karena semakin lama cicilan maka akan semakin tidak ekonomis.