Delapan Tempat Wisata Alam Paling Berkesan di Pontianak

Kota Air, itulah julukan tepat untuk Pontianak. Sebagian besar bentang alamnya berupa sungai, sisanya dataran rendah. Meskipun tidak punya dataran tinggi, Pontianak dikelilingi tempat wisata alam yang indah. Berikut delapan rekomendasi kawasan wisata alam paling berkesan di Pontianak.

  • Danau Sentarum

Danau Sentarum terbentang di atas lahan 1.320 m2 dengan sejumlah danau kecil. Lanskap air di sana hanya bisa dilihat ketika musim hujan. Sementara ketika musim kemarau, danau ini berubah menjadi padang rumput hijau. Selain itu, Anda bisa menyaksikan lebih dari 500 spesies flora dan 29 kelompok fauna unik. Kerennya, di danau ini merupakan habitat ikan air tawar terbanyak di dunia.

  • Aloe Vera Center

Aloe Vera Center

(sumber : wisatapontianak.com)

Aloe Vera Center, kawasan agrowisata yang menyuguhkan hamparan tanaman lidah buaya dan bunga anggrek. Tempat ini merupakan area budi daya lidah buaya. Hasil budi daya digunakan sebagai bahan baku produk olahan, antara lain es lidah buaya, dodol, agar-agar, dan teh. Bahkan, sebagian besar produksi lidah buaya dikirim ke luar negeri.

  • Taman Bukit Bougenville

Anda menyukai bunga? Taman Bougenville menghadirkan 46 spesies bugenvil dengan warna yang beragam. Selain bugenvil, terdapat bunga anggrek, aglonema, dan antorium. Ada pula hutan homogen dan pohon buah yang membentang di sekitar taman. Tiket masuk ke taman ini murah kok, hanya Rp10.000.

  • Sinka Island Park

Ingin melihat pulau terkecil di dunia? Sejenak, mampirlah ke Sinka Island Park. Di sana, ada Pulau Simping yang hanya berisi bebatuan dan beberapa pohon di tengah laut. Pulau ini biasa digunakan sebagai tempat memancing atau rekreasi. Di samping itu, sejumlah tempat wisata modern dihadirkan di Sinka Island Park, seperti kolam renang, area bermain, dan warung.

  • Taman Alun-Alun Kapuas

Taman Alun-Alun Kapu

(sumber : wisatapontianak.com)

Taman ini berada di tepi Sungai Kapuas yang dilengkapi dengan tempat bersantai, kios pedagang, dan warung apung. Tidak jarang, Taman Alun-Alun Kapuas dijadikan tempat konser musik atau pertunjukan budaya tradisional. Selain itu, disediakan kapal untuk mengelilingi Sungai Kapuas. Tarif untuk satu kali perjalanannya sekitar Rp50.000 per orang.

  • Hutan Kota Untan

Hutan berada dalam satu lokasi dengan Universitas Tanjungpura Pontianak. Tanaman yang ditanam di hutan ini, antara lain meranti merah, meranti kuning, anggrek, meranti balau, jati, saga, dan albasia. Total jumlah tanaman itu sekitar 216 pohon yang terdeteksi jenisnya, sedangkan sisanya masih dalam penelitian. Untuk melengkapi kenyamanan pengunjung, pengelola pun mendirikan homestay dan meeting room.

  • Kampung Beting

Kampung Beting bukan wisata desa yang indah seperti halnya di daerah pegunungan. Namun, kampung ini menghadirkan eksotisnya kehidupan di pinggiran Sungai Landak dan Kapus. Di sana, Anda bisa melihat lukisan-lukisan tangan karya seniman Kampung Beting. Tidak ketinggalan, pesona Kapuas dapat dilihat dari jembatan kayu yang unik.

  • Pantai Pasir Panjang

Pasir cokelat dan bebatuan besar menjadi ciri khas pantai ini. Pengunjung bisa melakukan berbagai jenis aktivitas di sini, seperti bermain banana boat dan berenang. Bagi yang tidak bisa berenang di laut, tersedia kolam renang di kawasan Pasir Panjang. Tak hanya itu, fasilitas area bermain anak-anak, warung makan, pondok wisata, dan toko suvenir disiapkan untuk menunjang kenyamanan ketika rekreasi.

Menikmati keindahan alam Pontianak tak cukup satu atau dua jam. Butuh waktu seharian untuk menyusuri seluruh kawasannya. Karena itu, Anda harus mencari hotel murah di Pontianak sebagai tempat beristirahat.

hotel murah di Pontianak

Tidak perlu berkeliling kota untuk memperoleh penginapan. Cukup buka situs Airy Rooms, lalu pilih sendiri hotelnya. Tersedia beragam jenis kamar yang didukung dengan fasilitas lengkap, seperti AC, TV LCD, dan kamar mandi modern. Soal harga, situs ini selalu menawarkan penginapan dengan harga termurah. Segera pesan lewat website resmi atau aplikasi ponsel sebelum kehabisan.