Cara Mengukur Suhu Normal Bayi dengan Mudah

suhu normal bayi baru lahirBayi memiliki sistem imun yang masih sering berisiko mengalami sakit seperti demam. Kondisi suhu yang tidak stabil dan membuat bayi menjadi rewel. Anda yang ingin mengukur suhu normal bayi, ini cara yang mudah untuk dilakukan dengan aman.

  1. Sebelum Mandi

Cara mengukur suhu tubuh bayi dengan mengetahui terlebih dahulu tentang standar normal suhu tubuh bayi yaitu di antara 36,1-37,7 derajat celcius. Anda yang ingin mengukur suhu tubuh bayi lakukanlah sebelum mandi, entah di pagi hari atau malam hari.

Pengukuran pada waktu ini akan membuat Anda mendapatkan suhu normal bayi yang lebih akurat. Jika Anda terpaksa mengukurnya setelah mandi maka usahakan untuk keringkan tubuh dulu, lalu tunggu hingga 20 menit sampai mendapatkan hasil pengukuran suhu tubuh.

  1. Kulit Tidak Berkeringat

Lakukan pengukuran suhu normal bayi saat kulitnya tidak berkeringat. Caranya dengan mengukur suhu tubuh bayi ketika dia tidak banyak bergerak sehingga tidak mengeluarkan banyak keringat. Lakukan pengukuran suhu tubuh bayi saat mengenakan baju yang hangat atau menyerap keringat.

  1. Gejala Fisik

Anda bisa melakukan pengukuran suhu tubuh bayi dengan memperhatikan gejala fisiknya. Jika sudah muncul keringat yang berlebihan, wajah memerah, maka ini sudah menjadi petanda yang cukup untuk mengukur suhu tubuh bayi. Gejala yang terjadi tersebut menandakan adanya gangguan kesehatan pada bayi.

  1. Termometer Digital

Anda bisa melakukan pengukuran suhu bayi dengan menggunakan termometer digital untuk mengetahui suhunya normal atau tidak. Cara menggunakan termometer digital ini dengan meletakkannya di antara bagian tubuh yang diinginkan.

Pilihannya adalah di bagian ketiak, mulut, dan dubur. Termometer digital ini terbuat dari bahan plastic yang bentuknya seperti pensil. Anda bisa dengan mudah menggunakan thermometer ini saat dibutuhkan untuk segera mengetahui suhu tubuh bayi.

Termometer digital juga tersedia dengan nama termometer digital telinga yang dilengkapi dengan sinar inframerah. Pengukuran suhu tubuh dilakukan dengan memasukkannya ke dalam liang telinga. Pastika sebelum melakukan pengukuran telinga bayi Anda sudah dibersihkan jangan sampai ada kotoran yang mengganggu hasil pengukuran.

  1. Termometer Rektal

Anda bisa pula mengukur suhu tubuh bayi normal atau tidaknya dengan menggunakan termometer rektal. Saat akan menggunakan termometer ini Anda harus menjamin kebersihannya. Cuci terlebih dahulu dengan air sabun atau bisa juga mengelapnya dengan menggunakan alkohol. Saat pengukuran posisikan bayi dalam keadaan tengkurap.

Pengukuran dilakukan dengan memasukkannya ke dalam dubur sedalam 2 cm, maka sebelum itu berikan terlebih dahulu petroleum jelly pada ujung termometer. Diamkan beberapa saat sampai thermometer berbunyi sebagai tanda pengukuran suhu telah selesai.

Anda harus bisa memantau agar suhu normal bayi selalu terjaga agar tidak terjadi gangguan kesehatan seperti demam. Jika sudah menunjukkan gejala tidak sehat pada bayi segera ukur suhu tubuhnya dan berikan obat atau lakukan penanganan secepatnya.