Cara Klaim Asuransi Motor

Cara Klaim Asuransi MotorSebagian orang mungkin beranggapan kalau mengklaim sebuah asuransi itu sulit dan ribet harus urus sana dan urus sini.

Namun nyatanya tidak demikian, Anda hanya perlu melewatkan beberapa tahap dimana tahap – tahap tersebut merupakan proses pengaduan sebelum akhirnya klaim Anda disetujui.

Berikut ini penulis akan memberikan informasi mengenai cara klaim asuransi, terutama untuk asuransi motor, mari kita simak bersama – sama.

Langkah – Langkah Klaim Asuransi Motor

1.   Buat Laporan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat laporan kejadian yang menimpa kendaraan Anda dengan membuat laporan pengaduan pada perusahaan asuransi yang Anda gunakan.

Untuk pembuatan laporan ini biasanya Anda bisa lakukan secara online di website perusahaan asuransi atau Anda juga dapat datang langsung ke perusahaan tersebut.

Untuk klaim secara online, Anda bisa menemukan panduan atau langkah – langkah klaim asuransi di website perusahaan asuransi nya.

2.   Siapakan Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah Anda membuat laporan, tahap selanjutnya adalah Anda hanya perlu menunggu pihak asuransi menghubungi Anda untuk memferivikasi data dan melengkapi dokumen – dokumen yang dibutuhkan seperti ktp, kartu pemegang asuransi, foto kerusakan pada kendaraan dll. Usahakan foto kendaraan Anda saat ditempat kejadian perkara saat itu juga.

Jika klaim yang Anda lakukan ini adalah karena kehilangan atau kecelakaan, maka Anda perlu membuat dokumen pelaporan kehilangan atau kecelakaan oleh pihak kepolisian setempat di tempat daerah kejadian perkara.

3.   Tunggu Proses Penjadwalan

Setelah laporan serta data dokumen telah masuk dan telah diterima oleh pihak perusahaan asuransi, maka tahap selanjutnya adalah hanya tinggal menunggu penjadwalan pihak asuransi dengan bengkel yang dituju untuk melakukan penjadwalan perbaikan.

Jika semua langkah telah sampai pada proses penjadwalan, maka Anda telah selesai melakukan klaim asuransi motor kesayangan Anda.

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk melakukan klaim asuransi kendaraan motor Anda?

Jadi Anda tidak perlu ragu atau takut lagi untuk mengikuti program asuransi motor, dengan alasan klaim yang sulit atau susha. Karena klaim atau pengajuan pada asuransi tidaklah begitu sulit ataupun rumit.