Bikin Lemak Meleleh, Ini Teh yang Wajib Kamu Minum Setiap hari

Teh Bunga LawangHingga saat ini selain dengan berolahraga, sudah banyak sekali makanan dan minuman yang dapat memangkas lemak dalam tubuh secara alami. Salah satunya dengan minum teh. Teh merupakan ramuan alami dari tumbuh-tumbuhan yang sudah dikenal luas sebagai minuman sehat nan enak. Selain itu teh juga memiliki sejuta manfaat sehat seperti mampu menangkal kanker, stroke, hingga jantung dan diabetes.

Bahkan teh sering kali diandalkan untuk menurunkan berat badan karena memiliki senyawa tingkat tinggi yang dapat membantu menyerap lemak secara maksimal. Nah, untuk kamu yang ingin memiliki tubuh langsing secara alami, berikut ini daftar jenis teh yang dapat dijadikan cara diet gampang dan ampuh mengikis lemak di dalam tubuh.

Teh Bunga Lawang

Jenis teh ini berasal dari buah pohon Illicium verum yang berasal dari Negeri tirai bambu atau Cina. Pada dasarnya teh ini digunakan untuk mengobati berbagai masalah pencernaan seperti sakit perut, mual, atau diare. Namun, seiring berjalannya waktu teh ini sering digunakan sebagai metode diet karena kemampuannnya untuk melancarkan sistem pencernaan dan meluluhkan lemak di dalam tubuh. Untuk menikmati teh bunga lawang cukup menyeduhnya dengan air panas selama 10 menit dan diminum secara teratur.

Teh Peppermint

Kamu juga bisa mengandalkan teh peppermint untuk membantu program dietmu. Yah, teh ini dapat mengontrol nafsu makanmu sehingga kamu bisa terhindar dari godaan makan berlebih. Untuk memaksimalkan diet, kamu bisa menyatukan teh peppermint dengan teh hijau. Paduan minuman ini dapat membakar kalori lebih banyak. Untuk membuat teh ini, cukup dengan satu sendok daun mint segar atau kering, kemudian rebus ke dalam air mendidih selama 5 – 6 menit.  Setelah itu, saring lalu tambahkan madu jika kamu menginginkan rasa yang lebih manis. Teh ini bisa kamu nikmati di sore maupun malam hari baik setelah makan atau sebagai teman saat ngemil bareng teman. Selain rasanya yang sedap, teh peppermint dapat menyegarkan mulut.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu senjata andalan untuk menurunkan berat badan bagi beberapa orang. Menurut penelitian, teh hijau memiliki zat kimia yang disebut dengan EGCG, jenis zat kimia yang mampu mempercepat sistem metabolisme tubuh dan menurunkan berat badan. Bahkan minum secangkir teh hijau diketahui mampu membakar kalori sebanyak 70 kalori. Selain ampuh memangkas lemak dalam tubuh, teh hijau juga dapat mencegah penyakit kanker karena dapat menangkal radikal bebas. Namun mengonsumsinya harus tetap dalam takaran secukupnya ya.

Teh Mawar

Teh mawar merupakan teh tertua di dunia yang terbuat dari campuran bunga mawar segar. Kuncup dari teh ini terkenal manfaatnya untuk terapi tubuh. Teh ini juga dapat membersihkan racun serta mempercantik kulit, dan mengandung banyak sekali vitamin seperti A, C, D, B3 dan E yang dapat melawan infeksi. Selain itu, teh ini juga dapat mencegah sembelit dan membantu menurunkan berat badan. Lebih hebatnya lagi, aromanya yang harum seringkali dijadikan sebagai aromatherapy pada penyejuk ruangan.

Teh Oolong

Teh oolong merupakan teh semi fermentasi yang memiliki manfaat sehat untuk tubuh. Bahkan menurut penelitian teh ini dapat membakar lemak dan mengurangi kadar kolesterol lebih banyak daripada teh hijau atau teh lainnya. Itulah sebabnya para peneliti menganjurkan untuk tidak mengonsumsi teh ini lebih dari 2 cangkir dalam sehari. Bagi kamu yang ingin memangkas lemak jahat dalam tubuhmu mungkin teh oolong bisa menjadi pilihan yang tepat.

Itulah daftar teh diet yang bisa kamu andalkan sebagai cara diet gampang. Meskipun cara ini cukup ampuh dalam membakar lemak, bukan berarti kamu tak perlu berolahraga dan bebas makan apa saja ya. Karena keberhasilan diet bukan semata-mata karena minum teh saja tapi kamu juga perlu menjaga pola makan dan rutin bergerak agar tubuh tetap sehat dan diet pun berjalan sukses. Yuk hidup sehat mulai sekarang!