Biaya Nikah Kurang? Perhatikan Hal Ini Sebelum Cari Pinjaman

Biaya Nikah Kurang Perhatikan Hal Ini Sebelum Cari PinjamanSaat ini, biaya nikah memang semakin besar. Anda harus pintar dalam mengatur dana agar semuanya mencukupi. Namun, setelah diatur sedemikian rupa, bagaimana kalau biaya pernikahan tetap kurang? Tenang, manfaatkan saja pinjaman online cepat yang saat ini banyak tersedia. Tapi, sebelum itu, perhatikan dulu hal ini!

  1. Tentukan Nominal Seminim Mungkin

Saat Anda dan pasangan mencari pinjaman untuk pernikahan, sebaiknya tentukan nominal pinjaman seminim mungkin. Jadikan ini hanya sebagai pelengkap saja, bukan sebagai sumber utama dari biaya pernikahan Anda. Anda harus ingat bahwa berhutang di manapun, baik itu di bank, di penyedia pinjaman online cepat cair bahkan saudara sekalipun tetap ada bunga.

Nantinya, Anda dan pasangan akan terbebani dengan jumlah cicilan dan hutang yang harus dibayar. Makin besar hutang Anda, makin terbebanilah Anda. Apalagi bila Anda memiliki rencana punya anak dalam waktu dekat, beban Anda juga akan makin bengkak mengingat anak perlu biaya ini dan itu.

  1. Hutang Bisa Mempengaruhi Hubungan Anda dan Pasangan

Satu hal yang harus Anda ingat, hutang bisa mempengaruhi hubungan Anda dan pasangan selain membebani Anda dari segi pembayaran dan lama waktunya. Hubungan Anda akan makin keruh dan bisa berujung perceraian bila ini tak segera dilunasi. Terlebih, bila keadaan ekonomi Anda sendiri sedang bermasalah di luar hutang itu.

  1. Ketahui Batasan Berhutang

Berhutang untuk biaya pernikahan sah-sah saja. Namun, Anda harus ketahui berapa batas hutang yang bisa ditelorir itu. Batas maksimal dari hutang atau pinjaman yang Anda lakukan adalah baiknya 30% dari total pendapatan bersih Anda dan pasangan per bulannya untuk cicilan. Makin jauh lebih kecil dari angka itu, makin meringankan beban Anda.

  1. Masuk Daftar Hitam Bank

Perlu Anda ketahui, ketika Anda meminjam uang di bank atau di pinjaman online cepat cair online, bila Anda tak bisa melakukan pembayaran tepat waktu, Anda bisa masuk daftar hitam bank. Jika sudah masuk dalam daftar ini, akan susah bagi Anda untuk mendapatkan akses pinjaman ke bank atau platform daring lain untuk berbagai keperluan.

Anda juga akan susah untuk melakukan pengkreditan kepemilikan rumah, tanah, kendaraan dan masih banyak lagi. Bukan hanya susah, bahkan Anda bisa saja tak bisa mendapat akses kredit itu lagi. Jadi, sebelum meminjam ke bank, ada baiknya Anda perhatikan apakah Anda sanggup untuk melunasinya atau tidak jika tak mau masalah ini terjadi.

  1. Pertimbangkan Kembali

Sekali lagi, pertimbangkanlah untuk berhutang demi biaya pernikahan. Tak masalah kan bila harus melakukan pernikahan dengan konsep dan tema yang seadanya? Menggundang tamu beberapa orang saja juga tak akan membuat Anda rugi, kan? Anda malah akan terselamatkan dengan tidak memiliki hutang.

Namun, bila keadaan benar-benar memaksa, tak ada cara lain, maka tak apa meminjam. Anda tetap harus memikirkan matang-matang semuanya dulu dan apa dampaknya dengan diri Anda dan hubungan dengan pasangan. Konsultasikan juga dengan orang tua tentang hal ini.

Daripada Anda bingung pilih pinjam atau tidak, kenapa tidak cari pinjaman alternatif saja? Misalnya pinjaman online cepat cari dari Tunaiku. Di sini, Anda bisa pinjam dana 2 hingga 20 juta untuk biaya pernikahan yang pelunasannya bisa disesuaikan dengan kemampuan. Bunganya juga rendah, kok! Hanya 3 hingga 6 persen dari total pinjaman dan sifatnya flat.