4 Cara Cek Keaslian Odometer Sebelum Kredit Mobil Bekas

Cara Cek Keaslian Odometer Sebelum Kredit Mobil BekasOdometer merupakan bagian dari mobil yang digunakan untuk penunjuk jarak tempuh Mobil Anda. Bahkan odometer bagian mobil yang digunakan untuk mengetahui dan menentukan jadwal penggantian oli. Ini alasan keaslian odometer perlu diperhatikan sebelum kredit mobil bekas, pastikan dengan benar jangan sampai ada pemeriksaan yang ketinggalan.

  1. Catatan Servis atau Histori Mobil

Memeriksa kondisi mobil bekas yang akan Anda beli dapat dilakukan dengan memeriksa buku catatan servis. Selain itu mengetahui histori yang ada pada mobil dengan menanyakan langsung kepada penjual. Pilihlah mobil bekas yang memiliki servis record lengkap pada bengkel resmi. Pemeriksaan ini merupakan cara yang efektif untuk mengetahui keaslian odometer pada mobil.

Anda juga bisa menghubungi bengkel resmi dari tempat servis mobil bekas untuk melakukan konfirmasi tentang kebenaran record yang tertera di buku servis tersebut. Ketika catatan servis dan juga histori mobil tidak ada, pemeriksaan keaslian odometer dapat dilakukan dengan memeriksa kondisi fisik odometer.

  1. Tahun Produksi Kendaraan

Penggunaan odometer akan berbeda pada setiap produksi mobil yang ada. Anda bisa mengetahui keaslian odometer dengan melihat tahun mobil tersebut diproduksi. Lakukan penyesuaian produksi mobil dengan angka yang tertera pada odometer mobil. Jenis mobil niaga akan mencapai 20.000 km yang tertera di odometer dalam jangka 1 tahun.

Mobil mewah odometernya akan berkisar 10.000 km dalam 1 tahun. Jika angka yang tertera selisih jauh maka Anda perlu mengonfirmasi kepada penjual. Dari sini Anda bisa mengetahui kredit mobil bekas tersebut dapat dipercaya atau tidak. Salah satu contoh mobil mewah adalah mobil Toyota Alphard dengan harga Rp280.000.000,00.

  1. Kondisi Ban Mobil

Anda bisa mengetahui keaslian odometer yang digunakan dengan melihat kondisi ban mobil yang ada. Jika ban mobil masih baru bawaan dari pabrik maka itu mengartikan pemakaian berkisar antara 30.000 km sampai 35.000 km.

Jika kondisi terjadi sebaliknya, odometer belum melewati angkat pemakaian pada umumnya dan ban sudah diganti. Anda perlu melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab penggantian ban. Bisa saja penyebabnya karena mengalami tabrakan atau sejenisnya.

  1. Bekas Cungkilan Khusus Analog

Pada odometer jenis analog jika sudah pernah dilakukan penggantian maka Anda perlu memeriksa dengan mencongkel atau membuka dashboard pada Mobil. Ini dilakukan oleh teknisi yang ahli dibidangnya agar tidak menimbulkan kerusakan apa pun. Pemeriksaan ini dapat menjadi perhitungan dalam penentuan harga mobil bekas tersebut.

Ada banyak sekali pilihan mobil bekas dengan berbagai keunggulannya. Agar pembelian secara kredit berjalan aman, pilihlah show room atau tempat penjual yang terpercaya. Anda bisa melakukan survei lokasi dan tempat lebih dahulu.